Senin, 02 Maret 2015

Jenis - Jenis Penyakit Burung Puyuh Dan Cara Pencegahanya




Jenis - Jenis Penyakit Pada Puyuh Dan Cara Pencegahanya.  Kali ini saya akan membagikan tentang jenis - jenis penyakit pada burung puyuh dan bagaimana cara pencegahanya, berikut ini informasi yang saya dapatkan dari fanspage di facebook.

1. Radang usus ( Quail Enteritis )
Penyebab : bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul peradangan pada usus.
Gejalanya : Puyuh tampak lesu, mata tertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul peradangan pada usus.
Pengendalianya : Lebih memperhatikan pemeliharaan pada kandang dan pada unggas, serta pisahkan puyuh yang sehat dan sakit.

2. Tatelo(NCD / New Casstle Diseae)
Gejala : puyuh sulit bernafas, batuk - batuk , bersin, bunyi timbul ngorok, lesu, mata ngantuk, kadang berdarah, tinja encer kehijauan, yang mudah di ketahui dari gejala ini adalah kepala memutar - mutar tak menetu dan lumpuh.
Pengendalian : Menjaga kebersihan dan membersihkan peralatan yang terkena virus, puyuh yang mati segera di bakar / dibuang. serta mencegah tamu yang masuk ke kandang, usahakan harus steril.

3. Berak Kapur  / Putih (Pullorum)
Penyebab : kuman Salmonella Pullorum merupakan penyakit menular.
Gejala : Kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulu mengerut dan sayap menggantung.
Pengendalian : Sama layaknya penyakit totelo, kebersihan harus di jaga dan hindari tamu yang masuk ke kandang.

4. Berak Berdarah (Coccidiosis)
Gejala : Tinja berdarah dan mencre, nafsu makan berkurang, bulu kusam, menggigil kedinginan.
Pengendalian : Menjaga kebersihan dan litter tetap kering. atau dengan Tetra Chlorine di berikan kemulut, noxal, trisula zuco tablet di larutkan ke air minum.

5. Cacar Unggas (Fowl Pox)
Penyebab : Poxvirus yang menyerang bangsa unggas semua umur dan semua jenis puyuh.
Gejala : Timbul kopeng-kopeng pada bagian yang tidak berbulu, seoerti pial, kaki, mulut dan farnik yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah.
Pengendalian : Pemberian vaksin dipteria dan memisakan puyuh yang terinfeksi.

6. Quail Bronchitis
Penyebab : Virus Quail Bronchitis bersifat sangat menular.
Gejala : Puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, batuk dan bersin, mata dan hidung kadang mengeluarkan lendir, sertas kdangkala kepala dan leher agak terpuntir.
Pengendalian : Pemberian pakan yang bergizi serta sanitasi yang baik.

7. Aspergillosis
Penyebab : Cendawan Aspergillus fumigatus.
Gejala : Puyuh mengalami gangguan pernafasan, pada mata terbentuk lapisan menyerupai keju, mengantuk dan nafsu makan berkurang.
Pengendalian : Perbaikan sanitasi dan lingkungan sekitarnya.

8. Cacingan
Penyebab : Sanitasi yang buruk.
Gejala : Puyuh Tampak kurus, lesu dan lemah.
Pengendalian : Pembersihan kandang yang baik serta pemberian pakan yang baik.

9. Snot / Coryza
Adalah penyakit yang menyerang mata, puyuh yang bterkena penyakit ini matanya akan merah dan membengkak dan berlendir. penyakit ini merupakan penyakit utama puyuh yang mudah sekali menular, kara sulit untuk diobati sebaiknya melakukan pencegahan menggunakan vaksin CDR/CORYZA aktif atau in aktif, sebaiknya jika puyuh sudah terjangkit penyakit seperti ini dibuang, meski ada pengobatan melalu penyuntikan khus namun dengan harga yang mahal.



Demikian artikel yang saya tulis tentang Jenis - Jenis Penyakit Burung Puyuh Dan Cara Pencegahanya , Cara Mengobati Puyuh Yang Sakit, Obat Puyuh, Jenis Penyakit Pada Puyuh, Agar Puyuh Tidak Sakit, Vaksin Pada Puyuh, Obat Puyuh Yang Bagus.

semoga bermanfaat.

Deskripsi : Cara beternak puyuhPeternak hebatpeternakhebatusaha puyuhpeluang usaha ternak puyuhbisnis puyuhcara beternak burung puyuhburung puyuh , burungpuyuhbeternak puyuhbeternakpuyuhpuyuh petelurpakan burung puyuh ,makanan puyuhobat puyuhobat burung puyuhmanfaat puyuhmanfaat burung puyuhmerawat puyuhmerawat burung puyuhperawatan burung puyuhmesin penetasmesin penetas telurmesin tetas,  jenis jenis puyuhjenis jenis purung puyuhciri ciri puyuhpuyuh unggulanpuyuh bagusvitamin puyuhvitamin telur puyuhvitamin pada puyuhproduktivitas telurproduktivitas puyuhresep masakan dari puyuh, resep makanan dari telur puyuh, beternak bangkokbeternak ayam bangkokcara beternak bangkokayam bangkokusaha ternak bangkokbisnis ayam bangkokayam bangkok bagusciri ayam bangkokayam bangkok unggulayam aduanpakan ayam bangkokjamu ayam bangkokobat ayam bangkokmerawat bangkokperawatan bangkok.cara merawat kelinci , penyakit kelincibeternak kelincibudidaya kelincikelincibudidaya belutbeternak belut , Burung KenariBudidaya Burung Kenari,  Cara Beternak KenariCara Budidaya KenariCara Merawat KenariBeternak KenariCara Beternak Burung KenariCara Merawat Burung Kenarikenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar